Di Mana Membeli Makanan Halal di Sekitar Kampus NAIST?

Untuk teman-teman yang akan tinggal maupun berkunjung di kampus NAIST, di Takayama, Ikoma, Nara, ada banyak berita gembira saat ini.

Setiap orang pasti perlu makan dan menyediakan makanan, khususnya bagi Muslim di negara seperti Jepang ini, di mana makanan halal tidak mudah ditemui. Meskipun demikian, saat ini di tahun 2016, sudah banyak perkembangan positif karena sudah semakin banyak tersedia makanan halal maupun restoran halal di Jepang. Jauh berbeda ketika tahun 2008 dulu saya berkunjung ke sini.

Di post ini saya akan membahas di mana saja biasanya kami para NAISTer membeli stok bahan makanan maupun makanan jadi.

1. Gyomu Supa/ OK shop

Gyomu Supa atau kami menyebutnya OK Shop karena di dalamnya selalu diputar lagu dengan kata OK yang diulang-ulang. Di sini banyak tersedia makanan halal. Untuk lebih lengkapnya bisa dicek di link berikut ini https://www.kobebussan.co.jp/english/item/index.php?ic_id=56 dan versi bahasa Jepang yang lebih lengkap http://www.kobebussan.co.jp/item/list.php?gc_id=56.

Di mana lokasi Gyomu Supa di dekat NAIST? Yang paling dekat adalah di Naraoshikuma. Lokasinya relatif dekat dari stasiun Gakken Nara Tomigaoka. Dari stasiun ini, bisa ditempuh melalui bis No. 77 jurusan Takanohara, halte ke-5 dari stasiun, tepat setelah AU shop/AEON bike. Setelahnya, masih jalan kaki menuju dan menyeberang perempatan jalan Narayama Odori. Begitu kita melihat Golf 5-Naraokushima, lokasinya tidak jauh dari sana. Sebagai info tambahan, tepat di depan halte bis tadi, ada sebuah second-hand shop, jadi bisa sekalian cuci mata, hehehe…Pulangnya, kita bisa lewat jalur ini lagi, atau lewat halte bus lain di dekat Baskin Robin. Tetapi bus jalur 11 ini akan menuju ke Gakuenmae. Alternatif yang paling hemat adalah dengan naik kendaraan pribadi atau bersepeda sekaligus olah raga, hehehe…

Lokasi yang kedua adalah di Minami Ikoma. Bagaimana cara jalan ke sana? Pertama tentu kita menuju ke Ikoma (ada banyak jalan menuju Ikoma yaaa). Dari stasiun Ikoma, kita naik lagi kereta jurusan Ooji. Minami Ikoma adalah stasiun yang ke-3 dari stasiun Ikoma. Di Ikoma ada satu lagi OK shop yang sering dikunjungi karena sedang memeriksakan anak ke DOI Clinic. Lokasinya di Minami Tawara. Ya, tetapi untuk ke sana biasanya kami naik taksi…jalur bersepa lumayan berbahaya menurut saya…pernah mencoba sekali dan sudah kapok. Sebetulnya ada jalur bis dari Gakken Kita Ikoma, tetapi bisnya jarang,..(dan saya lupa itu jalur berapa ya,? hehe). Seperti kebanyakan OK shop, OK shop di Minami Ikoma juga berdekatan dengan second-hand shop…

Lokasi yang terakhir adalah di daerah Shin-Omiya. Jangan tertukar dengan Sannomiya ya..lain jurusan. Shin-Omiya adalah satu stasiun sebelum stasiun Kintetsu Nara, setelah stasiun Yamato Saidaiji. Lebih jauh memang, tetapi lebih banyak second-hand shop di daerah sini, hehehe..

2. Aeon

Yang jelas tidak semua makanan yang tidak berlabel halal adalah haram dimakan. Contohnya adalah beras, buah-buahan, ikan-ikan, sayuran, telur, dan itu bisa dibeli di sini, hehehe…Kalau kami kelaparan saat berbelanja di Aeon, biasanya kami beli nasi, yude tamago/telur rebus, pisang, atau buah yang lain. Gorengan yang ada di Aeon, semua digoreng dengan menggunakan minyak yang sama, jadi meski itu gorengan sayur, bisa terkontaminasi dengan bahan hewani. Wallahu a’lam.

Tetapi perlu diingat bahwa di sini adalah di Jepang. Memang, makanan pada dasarnya adalah mubah, tetapi di Jepang ini banyak makanan yang mengandung bumbu dari derivat hewan terutama babi, jadi perlu untuk lebih berhati-hati. Misalnya yang paling sederhana adalah minuman, ternyata mengandung emulsifier dari babi, juga nori/rumput laut, ternyata ada bumbu dari ayam/babi,…Pertama mungkin kita tidak tahu, tetapi jangan lelah untuk mencari tahu, karena itu bukan alasan untuk kita dengan berdalih tidak sengaja. Tetap semangat!

3. Kaldi

Di sini banyak tersedia makanan impor yang halal, semisal Indomie, bihun, kerupuk udang, bumbu Kokita, Bawang goreng, Coklat Ferero rocher, hehe…yang disebut favorit saya. Selain itu juga tersedi es krim halal dari Australia, juga banyak snack yang insya Allah boleh dimakan.

4. Lawson

Favorit saya jika berkunjung di Lawson adalah membeli yude tamago, pisang, telur mentah, salad (yang tidak berbumbu apa-apa), dan roti kastela. Kalau terpaksa juga membeli nasi di sini. Selain itu ada beberapa tipe mochi yang insya Allah boleh dimakan.

5. NAIST Kombini/New Daily Yamazaki

Tidak banyak yang disediakan di sini, hanya terbatas snack, mi instant, minuman dan roti kroasan (roti disimpan di kulkas ya). Ada indikasi Halal yang dipajang juga, jadi mudah mencarinya. Tetapi kita juga bisa membeli telur rebus/yude tamago, rasanya agak asin gitu, nasi, salad, pisang, beberapa tipe mochi. Nasi juga bisa dibeli di kantin.

6. Jupiter

Berlokasi di basement dari gedung Paradise, dekat Kintetsu Gakuenmae. Item yang dijual mirip dengan item yang dijual di Kaldi, import food.

7. Online shop: Baticrom, Okubo, Sariraya

Varian yang tersedia di sini lebih banyak. Dari daging halal, makanan siap saji, bumbu-bumbu instant hingga bumbu-bumbu dapur seperti bawang merah, sereh, daun jeruk dan asam jawa. Untuk lebih lengkapnya, silahkan dicek di masing-masing web terkait ya..

Selamat berbelanja!

 

 

Advertisements
This entry was posted in Halal and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s