Selamat Datang di NAIST

P1120929Nara Institute of Science and Technology (NAIST) terletak di Takayama-cho 8916-5, Ikoma-shi, Nara-ken, 630-0101. Meskipun blog memang bukan situs NAIST, tetapi saya ingin menulis dan berbagi tentang kehidupan di NAIST.

Sebagai wadah komunitas warga Indonesia, di sini ada Indonesia-Naister, yang saat ini beranggotakan sekitar 30-an orang (tetmasuk keluarga dan anak-anak).

Sebagian masih single dan beberapa sudah berkeluarga. Bagi yang sudah berkeluarga, tersedia juga dormi couple dan family. Kelebihan NAIST daripada universitas lainnya, selama masih menjadi mahasiswa reguler, boleh tinggal di dormi yang disediakan NAIST dan bersubsidi, jadi lumayan hemat selain lokasinya masih 1 kompleks dengan NAIST.

Sekolah Anak

Bagi yang membawa anak, ada juga sekolah TK dan SD yang letaknya relatif dekat, 30 menitan berjalan kaki, 15 menitan naik sepeda.

Ada 2 jenis sekolah TK di Jepang. Pertama, yochien. Ini sekolah TK yang mirip dengan TK di Indonesia, relatif formal. Setiap hari bersekolah dari sekitar jam 9-14 siang. Memakai seragam dan membawa bekal setiap hari.

Yang kedua, hoikuen. Yang ini lebih santai, karena selain belajar juga merupakan tempat penitipan anak, jadi tidak perlu seragam setiap hari. Makanan dan minuman juga disediakan oleh sekolah. Meskipun untuk muslim harus membawa bekal sendiri karena makanan halal belum tersedia. Ada jam tidur siang juga. Jam sekolah dari jam 9-18. Sekolah yang kedua ini, khusus untuk anak yang kedua orang tuanya bekerja, bisa full time  atau part time job.

Untuk sekolah SD, semua sama. Yang tinggal di NAIST, biasanya bersekolah di Shinakodai shogakko. Berangkat bersama-sama jam 7:30 dari NAIST. Pulangnya tergantung jadwal. Di sekolah SD, anak-anak juga mendapat makanan, tapi bagi yang muslim, membawa bekal setiap hari.

Kegiatan warga Naister

Kegiatan Indonesia-Naister meliputi: sholat jamaah, tadarusan setiap 2 pekan, welcome party untuk menyambut kedatangan keluarga baru, 17-agustusan, farewell party, buka bersama.

Acara yang diselenggarakan bersama dengan keluarga muslim internasional, meliputi sholat jumat, sholat Id, buka bersama.

Setahun sekali, NAIST menyelenggarakan friendship meeting, warga naister biasanya menyumbang acara (pentas), dan ikut menyediakan makanan halal.

Tempat Sholat

Di NAIST, kami biasanya sholat berjamaah di lobby dormi, sentan guest house, atau di rest room di gedung bio.

Makanan halal

Makanan halal sudah saya bahas di post yang lain. Terkait dengan Naister, biasanya ada yang berjualan bento halal. Hal ini sangat membantu bagi student Naist yang sibuk untuk mendapatkan supply makanan yang bergizi. Tetapi saat ini sedang tidak ada yang berjualan bento, jadi sukarelawan baru yang mau berjualan bento sangat dibutuhkan.

Selain itu, untuk setiap acara, biasanya juga kami menyediakan makanan sendiri.  Setelah saya di sini, saya belajar membuat roti sendiri dan berbagai jenis makanan/masakan yang lain meski masih amatiran dalam memasak.

Belajar bahasa Jepang

Ada kelas bahasa Jepang yang disediakan di Naist (by volunteers), juga kelas di Ikoma. Kelas jepang yang di Ikoma lebih intensif sehingga bisa lebih cepat menguasai bahasa Jepang.

Berbagai kegiatan di NAIST ini sangat diperlukan untuk bersosialisasi sebagai perantau sekaligus mahasiswa yang super sibuk agar bisa seimbang dalam bekerja dan tetap menjaga kewarasan dalam berpikir.

Lain-lain

Selain kegiatan tersebut di atas, ada juga pelatihan menjahit dan merajut di Ikoma, juga acara yang diselenggarakan ikoryu di mana warga Naister biasanya ikut berpartisipasi.

Advertisements
This entry was posted in ikoma, Nara, school and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s